Cara paling Benar Install Mikrotik OS di VMware dan Virtualbox

Sedikit Penjelasan   menurut http://mikrotik.com MikroTik adalah perusahaan Latvia yang didirikan pada tahun 1996 untuk mengembangkan sistem router dan ISP nirkabel. MikroTik sekarang menyediakan perangkat keras dan perangkat lunak untuk konektivitas Internet di sebagian besar negara di seluruh dunia. Pengalaman mereka dalam menggunakan perangkat keras PC standar industri dan sistem perutean lengkap memungkinkan mereka pada tahun 1997 untuk menciptakan sistem perangkat lunak RouterOS yang memberikan stabilitas, kontrol, dan fleksibilitas yang luas untuk semua jenis antarmuka data dan perutean. Pada tahun 2002 mereka memutuskan untuk membuat perangkat keras mereka sendiri, dan merek RouterBOARD lahir. Mereka memiliki reseller di sebagian besar belahan dunia, dan pelanggan di setiap negara di planet ini. Perusahaan mereka terletak di Riga, ibu kota Latvia dan memiliki lebih dari 140 karyawan.

Singkatnya, mikrotik adalah perusahaan yang bergerak di bidang hardware dan software yang berhubungan dengan sistem jaringan komputer. Mikrotik didirikan pada tahun 1995 untuk mengembangkan router dan sistem ISP (Internet Service Provider) nirkabel.

Sedangkan Mikrotik RouterOS adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot. 
Cara paling Benar Install Mikrotik OS di VMware dan Virtualbox
RouterBoard
Lain lagi dengan yang ini, ini adalah Routerboard. Routerboard adalah router embedded produk dari mikrotik. Routerboard seperti sebuah pc mini yang terintegrasi karena dalam satu board tertanam prosesor, ram, rom, dan memori flash. Routerboard menggunakan os RouterOS yang berfungsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan bisa juga berfungsi sebagai hotspot server.

Akan tetapi, jika kita ingin mencoba menggunakan Mikrotik RouterOS tapi tidak memiliki Routerboard, atau jika kita hanya ingin belajar mengenai Mikrotik RouterOS, Bagaimana?? Nah, sekarang sudah ada solusinya, yaitu dengan menggunakan virtual machine.

Virtual machine adalah sebuah duplikat yang efisien dan terisolasi dari suatu mesin asli. Pada masa sekarang ini, mesin-mesin virtual dapat mensimulasikan perangkat keras walaupun tidak ada perangkat keras aslinya sama sekali. Singkatnya, VM (Virtual Machine) adalah dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli. Jadi, kita bisa menggunakan Mikrotik RouterOS ataupun OS yang tanpa menggunakan hardware. Hal ini dikarenakan Virtual Machine telah membuat semua hardware virtual. Jadi kita tidak perlu menggunakan Routerboard untuk mencoba menggunakan Mikrotik RouterOS. 

Banyak sekali Software yang menyediakan fitur untuk mengoperasikan OS secara virtual, namun yang paling bagus dan lengkap menurut admin adalah VMware dan Virtualbox. Jika kalian ingin mencoba Mikrotik RouterOS silahkan kunjungi https://mikrotik.com/download untuk mendownload iso Mikrotik RouterOS

Nah, jika ingin mencoba menginstall Mikrotik RouterOS, maka admin akan menunjukkan caranya, simak yah

Cara :
1. Start Virtual Machine, lalu tunggu sebentar.
 Akan muncul menu seperti dibawah
Cara paling Benar Install Mikrotik OS di VMware dan Virtualbox
Tampilan Awal saat install
2. Ketik  a i y y  untuk menginstall MikrotikRouterOS. 
a untuk memilih semua, i untuk menginstall y untuk memilih yes 
Cara paling Benar Install Mikrotik OS di VMware dan Virtualbox
Cara install Mikrotik RouterOS
3. Proses penginstalan, 
setelah selesai klik Enter untuk mereboot
Cara paling Benar Install Mikrotik OS di VMware dan Virtualbox
Proses penginstalan
4. Setelah itu, Login ke Mikrotik RouterOS
Pada awal seperti ini karena belum membuat user, maka login saja dengan admin dan password dikosongi
Cara paling Benar Install Mikrotik OS di VMware dan Virtualbox
Login Mikrotik RouterOS
5. Selesai, ini adalah tampilan dari Mikrotik RouterOS
Cara paling Benar Install Mikrotik OS di VMware dan Virtualbox
Mikrotik RouterOS

TERIMA KASIH telah membaca artikel tentang Cara Install Mikrotik OS di VMware dan Virtualbox di Blog IlmuKu yang sederhana ini, apabila masih ragu dengan artikel diatas atau ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar

0 comments "Cara paling Benar Install Mikrotik OS di VMware dan Virtualbox ", Baca atau Masukkan Komentar